6 Tool Video Conference untuk Kerja dari Rumah serta Kelebihan dan Kekurangannya

July 3, 2020, 6:11 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Pandemi COVID-19 memaksa banyak perusahaan mengambil kebijakan work from home. Minat publik terhadap platform video conference pun meningkat. App Annie di minggu ketiga Maret 2020 melaporkan aplikasi video conference di seluruh dunia diunduh 62 juta kali.Naik 90 persen dari jumlah unduhan mingguan di 2019.

Pada kondisi baru ini, menemukan tool video conference yang sesuai kebutuhan menjadi sangat penting. Banyaknya pilihan platform kerap kali justru membuat pengguna bingung dalam menentukan pilihan. Ada lima hal utama yang perlu kamu dipertimbangkan dalam memilih tool yang digunakan:

  • Kapasitas peserta dalam setiap pertemuan
  • Kemudahan penggunaan di berbagai perangkat
  • Kelengkapan fitur dan integrasi dengan aplikasi lain
  • Harga layanan, dan
  • Keamanan data.

Tech in Asia telah merangkum enam tool video conference yang layak kamu pertimbangkan. Kami juga mencantumkan harga, layanan, dan keunggulan dari masing-masing produk. Layanan dan harga dalam daftar ini bisa sewaktu-waktu berubah. Data terakhir dihimpun Juni 2020.

Google Meet

Made with Flourish

Google Meet adalah tool video conference yang dikembangkan raksasa teknologi Google. Keunggulan utama dari tool ini adalah integrasinya dengan berbagai produk Google lainnya.

Contohnya, link Google Meet akan langsung tersedia saat pengguna membuat agenda baru di Google Calendar. Pengguna juga bisa dengan mudah membagikan file lewat Google Drive tanpa perlu keluar dari pertemuan.

Google Meet sudah punya fitur share screen untuk memudahkan presentasi, namun belum dilengkapi dengan fitur whiteboard dan sharing mouse and keyboard. Fitur ini memungkinkan peserta pertemuan bisa saling menambahkan catatan atau coretan saat pertemuan berlangsung.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan memanfaatkan tool dari Google lainnya, seperti Google Docs atau Spreadsheet yang bisa dengan mudah digunakan.

Google Meet ideal untuk perusahaan atau tim yang bekerja jarak jauh dan butuh melakukan pertemuan rutin secara ideal. Namun tidak disarankan untuk perusahaan besar yang memiliki jumlah karyawan banyak. Google Meet hanya mampu memfasilitasi pertemuan dengan 250 peserta.

Zoom

Made with Flourish

Zoom bisa digunakan di berbagai perangkat, baik laptop, tablet, maupun smartphone. Zoom juga mampu menjaga komunikasi virtual yang terjadi tetap berjalan meskipun koneksi internet sedang buruk. Ini tentu krusial untuk pengguna Indonesia yang kerap bermasalah dengan konektivitas.

Zoom punya berbagai fitur yang sangat membantu proses pertemuan virtual. Mulai dari share screen, hingga fitur kontrol dan moderasi yang sangat membantu pertemuan agar lebih produktif. Zoom juga dilengkapi fitur virtual background, yang memungkinkan pengguna mengganti latar mereka tanpa perlu green screen.

Zoom sempat diterpa isu keamanan dan juga fenomena Zoom Bombing. Namun pada April 2020 pihak Zoom sudah melakukan pembenahan dan memperketat sistem keamanan mereka sehingga aman digunakan pengguna.

GoToMeeting

Made with Flourish

GoToMeeting adalah produk dari LogMeIn yang fokus untuk kebutuhan video conferencing. Aplikasi ini memungkinkan pengguna melakukan pertemuan virtual dengan tim, atau melakukan presentasi atau siaran berformat webinar ke ribuan penonton.

GoToMeeting memiliki hampir semua fitur yang dibutuhkan untuk menggelar rapat virtual atau webinar secara virtual. Contohnya, produk ini dilengkapi dengan fitur audio monitor untuk mengetahui kualitas dan volume suara dalam sebuah pertemuan.

GoToMeeting juga memungkinkan kustomisasi URL, fitur sederhana namun sangat membantu dalam mengundang peserta lain.

Di sisi lain, banyaknya fitur dan pengaturan yang disediakan bisa jadi cukup membingungkan untuk dioperasikan. Pengguna baru mungkin butuh waktu (dan sedikit tutorial) untuk bisa terbiasa dengan pengoperasian GoToMeeting.

Microsoft Team

Made with Flourish

Microsoft Teams adalah tool untuk mengelola organisasi/tim secara virtual. Sehingga ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk mendukung produktivitas, salah satunya video conference. Fitur ini dulunya adalah Skype for Business, sehingga sudah teruji cukup matang dan mampu menjawab kebutuhan pengguna.

Kualitas audio dan video dari Microsoft Teams cukup bisa diandalkan. Ia juga dilengkapi dengan beberapa fitur mendasar namun krusial, seperti screen sharing dan perekam pertemuan. Selain itu ada juga fitur pembuat transkrip pertemuan, sehingga mempermudah proses notula rapat.

Meskipun begitu, keunggulan utama dari produk ini adalah integrasinya dengan Microsoft 365. Pengguna bisa mengakses Microsoft Word atau Excel dengan sangat cepat, proses berbagi file lewat OneDrive dan juga Outlook bisa dilakukan dengan mulus.

Tapi jika kamu bukan pengguna Microsoft 365, produk ini bisa jadi tidak ideal. Kamu bisa memilih Slack, yang lebih independen dan harganya relatif terjangkau.

Cisco WebEx

Made with Flourish

Cisco merupakan nama tenar di ranah penyedia software untuk kebutuhan bisnis. Dan tool video conference besutan mereka ini memungkinkan pengguna melakukan pertemuan virtual dengan kualitas video HD hingga 100 peserta, ataupun membuat ruang pertemuan 1-on-1.

Cisco Webex dilengkapi dengan banyak fitur pendukung, namun salah satu fitur yang mencuri perhatian adalah whiteboard. Dengan fitur ini, pengguna bisa memulai rapat virtual dengan menampilkan sebuah kanvas putih kosong, yang kemudian bisa dicoret bersamaan oleh seluruh peserta rapat.

Fitur whiteboard ini akan sangat membantu tim melakukan brainstorming dan validasi ide.

Join.Me

Made with Flourish

Join.Me masih LogMeIn. Bisa dibilang, ini adalah versi sederhana dari GoToMeeting. Join.me sangat mudah digunakan. Setelah bergabung, pengguna bisa langsung membuat pertemuan virtual dan mengundang peserta lainnya dengan mudah.

Peserta yang ingin bergabung pun hanya perlu masuk ke link yang disediakan dan bisa langsung terhubung lewat browser laptop/smartphone mereka.

Kemudahan dan keringkasan yang ditawarkan membuat Join.Me sebenarnya tidak memiliki banyak fitur. Namun beberapa fitur penting seperti share screen dan file sharing tetap tersedia untuk pelanggan berbayar.

Tool ini cocok untuk mereka yang ingin mengadakan video call cepat dan tidak membutuhkan banyak peserta untuk share screen. Seperti presentasi secara remote ke calon klien atau update singkat tentang perkembangan sebuah proyek.

(Diedit oleh Ancha Hardiansya)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...