Bibit Raih Pendanaan Rp418 Miliar Dipimpin Sequoia Capital India

Jan. 6, 2021, 10:11 a.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Platform investasi reksa dana online Bibit menghimpun pendanaan senilai US$30 juta (sekitar Rp418 miliar) dari Sequoia Capital India, dengan partisipasi dari investor sebelumnya seperti East Ventures, EV Growth, AC Ventures, dan 500 Startups.

Bibit akan menggunakan dana segar ini untukmengembangkan produk dan layanannya guna mendongkrak lebih banyak investor pemuladi Indonesia.

Sigit Kouwagam selaku CEO Bibit mengatakan pengguna Bibit naik drastis menjadi lebih dari satu juta investor baru selama setahun terakhir. Hal ini karena tingkat kesadaran masyarakat yang meningkat mengenai investasi, serta edukasi yang diberikan kepada investor pemula untuk menabung rutin setiap bulan, ungkapnya.

Berdasarkan data IDX dan KSEI, jumlah investorritel di Indonesia tumbuh 56 persen secara tahunan pada 2020. Peningkatan inidisumbang oleh kalangan milenial dengan pertumbuhan 92 persen investor barudari usia 21 hingga 40 tahun. Meski naik signifikan, partisipasi masyarakatIndonesia di pasar modal masih kurang dari 2 persen pada saat ini.

Rohit Agarwal selaku VP Sequoia Capital Indiamenyatakan secara global pihaknya melihat saat ini konsumen mulai memindahkantabungan mereka dari produk dengan imbal hasil rendah ke produk finansialdengan imbal hasil tinggi.

Di Indonesia, kami melihat Bibit sebagai platform investasi terpercaya yang dapat membantu masyarakat berinvestasi secara optimal, ungkapnya.

Bibit diluncurkan pada 2019 oleh Stockbit, yang mengakuisisi 90 persen saham perusahaan. Stockbit awalnya adalah platform berbagi berita dan informasi pasar modal bagi investor, yang kemudian berkembang menjadi aplikasi investasi saham.

Setelah menjadi bagian dari Stockbit Group, Bibit menjadi channel perusahaan untuk menjangkau investor pemula dengan investasi yang mudah. Bibit memanfaatkan teknologi Robo Advisor yang menyesuaikan produk investasi dengan profil risiko dan tujuan investasi pengguna. Saat ini sebanyak 90 persen pengguna Bibit adalah kalangan milenial.

(Diedit olehAncha Hardiansya)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...