BukuKas Raih Pendanaan Seri A Rp141 Miliar dari Sequoia Capital dan Lainnya

Jan. 12, 2021, 12:04 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Startup penyedia layanan pencatat keuangan perusahaan BukuKas mengumumkan telah menggalang pendanaan Seri A senilai US$10 juta (sekitar Rp141 miliar) yang dipimpin oleh Sequoia Capital India.

Beberapa investor sebelumnya seperti Saison Capital, January Capital, Founderbank Capital, Cambium Grove, Endeavor Catalyst dan Amrish Rau turut berpartisipasi dalam putaran ini. Rencananya, dana segar ini akan digunakan untuk mempercepat akuisisi merchant, memperkuat tim engineering dan produk BukuKas, dan memperluas jangkauan layanan.

BukuKas sebelumnya mendapatkan pendanaan tahap awal (seed funding) senilai US$3 juta (sekitar Rp44,5 miliar). Sementara diputaran pra-seri A, BukuKas berhasil menghimpun dana senilai US$9 juta (sekitar Rp178 miliar) yang dipimpin oleh Surge by Sequoia India dan Credit Saison.

Fokus utama dari BukuKas adalah membantu para pelaku usaha kecil dan menengah mengatur arus kas secara efektif melalui pembukuan digital. Dengan adanya layanan ini, para pelaku usaha bisa fokus mengembangkan bisnis masing-masing ketimbang direpotkan dengan kebutuhan mencatat keuangan.

read also

BACA JUGA

Tantangan berat startup point of sale Indonesia di era normal baru

BukuKas menyasar pelaku sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 64 juta di Indonesia. Pada tahun 2020, sektor ini berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB, meningkat 1,67 persen dibanding tahun 2019. Penyerapan tenaga kerja di sektor ini juga mencapai 97 persen dari tenaga kerja nasional.

Startup yang awalnya diinkubasi oleh Whiteboard Capital ini mengklaim telah memiliki 3,5 juta pedagang kecil dan pengecer yang telah terdaftar hingga November 2019.

Meskipun kami telah berkembang pesat tahun ini, kami baru saja memulai. Putaran ini merupakan langkah penting bagi kami untuk terus bekerja menuju misi untuk memberdayakan 60 juta pedagang kecil dan pengecer di Indonesia agar mereka beralih ke digital, ungkap Krishnan Menon, CEO dan Co-Founder BukuKas.

(Diedit olehAncha Hardiansya)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...