Channel YouTube Calon Sarjana Menghilang, Ini Penyebabnya

Jan. 23, 2020, 3:17 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Channel YouTube Calon Sarjana tiba-tiba menghilang setelah sempat membuat heboh karena kasus plagiarisme konten beberapa waktu yang lalu. Apa penyebabnya?

Seperti diketahui, channel YouTube Calon Sarjana pertama kali dilaporkan menghilang pada Rabu (22/1) malam. Tapi pada hari ini, Kamis (23/1) channel tersebut kembali lagi setelah mengubah nama channel Calon Ilmuwan yang masih saudaranya menjadi Calon Sarjana.

Mengenai hilangnya channel Calon Sarjana yang dulunya sempat memiliki 13 juta subscriber, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun buka suara. Plt Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan dihapusnya channel YouTube Calon Sarjana bukan permintaan dari Kominfo.

"Ternyata di-suspend oleh Youtube karena pelanggaran HAKI. Akun Calon Sarjana banyak menggunakan thumbnail video milik akun lain di luar negeri secara tanpa izin. Jadi bukan atas permintaan Kominfo," kata Ferdinandus kepada detikINET, Kamis (23/1/2019).

Keterangan yang diberikan Kominfo sejalan dengan apa yang diungkap oleh JT, YouTuber yang beberapa waktu lalu mengungkap praktek plagiarisme Calon Sarjana setelah kontennya ditiru.

Dalam videonya yang berjudul 'i terminated a YouTuber with 13 MILLION Subs...', JT mengatakan setelah mengungkap praktek Calon Sarjana, ia berhasil mengajukan copyright strike terhadap video Calon Sarjana yang meniru kontennya.

Jadi sebelum Calon Sarjana memberi permintaan maaf secara publik dan menghapus videonya yang meniru konten JT, JT berhasil mengklaim adanya pelanggaran hak cipta kepada YouTube. Untuk diketahui, setelah mendapat tiga copyright strike dari pihak ketiga, channel yang ketahuan melanggar akan dihapus oleh YouTube.

Setelah itu, JT melihat beberapa video lain buatan Calon Sarjana yang juga meniru konten buatan YouTuber lain. Ia pun langsung mengontak beberapa YouTuber yang kontennya ditiru Calon Sarjana lewat Twitter.

"Jadi saya adalah salah satu strike, dan tentu saja butuh tiga strike untuk menghapus akun, dan saya salah satunya," kata JT dalam videonya.

"Saya kemudian mengontak setiap YouTuber yang videonya dicuri lewat Twitter. Saya mengirimkan mereka link dan memberitahu apa yang harus dilakukan, dan sepertinya dua dari mereka mengirimkan strike," sambungnya.

[Gambas:Youtube]

Menghilangnya channel Calon Sarjana sendiri disambut netizen dengan heboh. Beberapa bahkan berkelakar channel ini menghilang karena Calon Sarjana yang telah lulus dan diwisuda.

"Calon Sarjana wisuda?? revisi brp kali tuh skripsinya," kelakar seorang netizen di Twitter.


Channel YouTube Calon Sarjana Menghilang, Ini Penyebabnya

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...