Kisah Ribuan PS3 yang Disulap Jadi Komputer Super

June 27, 2020, 9:30 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Pemerintah Amerika Serikat, tepatnya US Air Force (USAF), pernah memborong 1.760 PlayStation 3 (PS3) untuk disulap jadi komputer super. Begini ceritanya...

Pada 2010, USAF atau Angkatan Udara-nya AS punya komputer super terbesar ke-33 di dunia yang disimpan di US Air Force Research Laboratory (AFRL). Komputer bernama 'Condor Cluster' itu mempunyai kekuatan komputasi 500 TFLOP, yang membuatnya jadi komputer interaktif terkencang di kalangan Departemen Pertahanan AS.

Condor Cluster, komputer super milik USAF yang dibuat dari 1760 PS3.Condor Cluster, komputer super milik USAF yang dibuat dari 1760 PS3. Foto: Dok. USAF

Condor Cluster ini dibuat dari 1.760 PS3 yang digabungkan dan menjadi sebuah komputer. Lalu kenapa mereka harus menggunakan PS3? Kenapa bukan membeli komponen yang memang ditujukan untuk sebuah komputer super?

Ternyata alasannya adalah biaya. Proyek Condor Cluster dimulai pada 2006 saat PS3 harganya USD 400, dan pada saat itu, teknologi yang sebanding harganya adalah USD 10 ribu per unit. Condor Cluster secara total membutuhkan biaya USD 2 juta.

Sebagai informasi, PS3 yang dipakai di komputer super ini adalah PS3 versi awal alias yang berbodi tebal, bukan PS3 generasi selanjutnya yang lebih ramping.

Menurut Mark Barnell, Director of High Power Computing di AFRL saat itu, biaya totalnya hanya 5-10% dari biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun komputer super dengan komponen yang 'benar'.

Tak cuma biaya, komputer super berbasis PS3 itu pun ternyata efisien dalam penggunaan dayanya. Konsumsi daya Condor Cluster hanya 10% dibanding komputer super yang sebanding.

Condor Cluster ini disimpan di Rome, New York, dan dibuat untuk sejumlah kebutuhan seperti peningkatan kemampuan radar, pemrosesan citra satelit, dan penelitian kecerdasan buatan.

Sayangnya penggunaan PS3 untuk komputer super ini tak bisa dilanjutkan karena Sony menambal 'celah' yang membuat PS3 bisa menjalankan Linux karena masalah keamanan, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Sabtu (27/6/2020).

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...