Microsoft Andalkan Hybrid Cloud untuk Layani Konsumen di Indonesia

Nov. 14, 2019, 5:01 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Microsoftmasih akan mengandalkan hybrid clouduntuk mengakomodasi kebutuhan penyimpanan data konsumen di Indonesia. Layanan tersebut dinilai jauh lebih efisien, andal, dan komprehensif ketimbang mengandalkan kemampuan penyimpanan di pusat data (data center).

Kami yakin layanan hybrid cloud yang kami jalankan selama ini sudah sejalan dengan dinamika kebutuhan konsumen. Selain itu layanan ini juga tetap sesuai dan tunduk pada regulasi yang ditetapkan pemerintah Indonesia, ujar President Director Microsoft Indonesia Haris Izmee dalam pembukaan Microsoft Cloud Innovation Summit 2019 di Jakarta, Rabu 13 November 2019.

Acara yang digelar hingga 15 November 2019 tersebutbertujuan untuk mempercepat adopsi komputansi awan di berbagai industri, merekrut mitra baru, dan juga meningkatkan kompetensi dan jaringandi Indonesia.

Lebih jauh Haris menyatakan teknologi hybrid cloudmampu memberikan layanan maksimal untuk para konsumen. Dengan kemudahanakses yang dapat dilakukan di seluruh dunia, teknologi cloud yang terhubung dengan data centerdi sejumlah negara membuat akses terhadap data tidak terbatas.

Investasi Microsoft untuk komputasi awan

Haris mengklaim selama hampir 25 tahun hadir di Indonesia, Microsoft telah membantu 1.700 mitra ekosistem lokal dengan beragam solusi teknologi serta percepatan adopsi cloud. Mulai membantu usaha kecil lebih produktif, perusahaan multinasional lebih kompetitif, organisasi nirlaba lebih efektif hingga dan modernisasi tata kelola pemerintahan yang lebih efisien, paparnya.

Menurutnya, keandalan layanan Microsoft didukung dengan infrastruktur cloud terbesar di dunia yang menelan investasi hingga US$15 miliar (Rp211 triliun). Setiap tahun pun kami menginvestasikan lebih dari US$1 miliar (Rp 14 triliun) untuk penelitian dan pengembangan cyber security sertahybrid cloud untuk manajemen data.

Sebelumnya sejumlah perusahaan teknologi global seperti Amazon, IBM, danGoogletelah menunjukkan komitmen untuk membangun pusat data di Indonesia. Bahkan, raksasa teknologi asal Cina,Alibaba, tengah membangun fasilitas pusat data kedua di Indonesia.

Kewajiban membangun data center di Indonesia sendiri memang sedikit melonggar setelah keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tanggal 10 Oktober 2019. Beleid ini memperbolehkan data nonstrategis disimpan di luar negeri.

Tingkatkan kinerja karyawan

Microsoft Innovation Cloud Summit 2019 1

Salah satu konsumen yang mengaku terbantu dengan layanan cloud dari Microsoft Indonesia adalah PT Serasi Auto Raya (SERA). DibantuAccenturesebagai konsultan, sejak 2016 anak usaha Astra Group itu telah melakukan tranformasi digital di tiga lini usaha. Transformasi digital dengan cloud membantu operasional perusahaan lebih terukur dan efisien, kata IT Director SERAYudas Tadeus Go Wie Lien.

Bila banyak perusahaan melakukan transformasi digital untuk memangkas biaya dan mengurangi karyawan, SERA tidak melakukan itu. Penerapan internet of things, big data, hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) lebihditujukan untuk mengidentifikasi dan menanggulangi tantangan bisnis dan operasional perusahaan yang makin kompleks.

Bagi kami justru banyak efisiensi yang dihasilkan dari peningkatan kinerja karyawan. Lewat inovasi yang mereka hasilkan dari platform teknologi,kami bisa memanfaatkan peluang terciptanya sumber pendapatan baru untuk meraih lebih banyak konsumen.

MenurutCountry Director Accenture Indonesia Ho Seong Kim, tantangan utama perusahaan mapan seperi SERA adalah pergerakan bisnis yang tidak secepat perkembangan teknologi.Kondisi ini kadang mengharuskan perubahan core bisnis guna meningkatkan kapasitas, mengembangkan investasi, serta mengidentifikasi dan mengukur potensi area pertumbuhan bisnis baru secara lebih cepat.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...