Microsoft Bikin Komputer Super untuk Lawan Corona

May 22, 2020, 7:15 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Microsoft membangun superkomputer yang sangat besar untuk melakukan segala macam tugas artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. Ini merupakan arah baru untuk layanan cloud miliknya, Azure.

Dikutip dari Cnet, mesin ini memiliki 285.000 core prosesor yang didorong oleh 10.000 chip grafis untuk OpenAI, sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi AI untuk membantu manusia.

Microsoft mengumumkan mesin super ini pada konferensi para developer Build pekan ini. Untuk diketahui, superkomputer, mesin komputasi paling kuat di planet ini, biasanya digunakan untuk berbagai masalah paling berat.

Pekerjaan-pekerjaan yang biasa dilakukan superkomputer antara lain seperti mensimulasikan ledakan senjata nuklir, memprediksi iklim Bumi di masa depan dan baru-baru ini, yang sedang gencar dilakukan adalah mencari obat untuk melawan penyebaran virus corona.

Ciri khas superkomputer adalah jumlah memori yang sangat besar, dan koneksi yang cepat antar prosesor. Hal itu memungkinkan superkomputer berkonsentrasi pada masalah tunggal yang lebih rumit secara lebih baik. Microsoft dan OpenAI yakin, superkomputer raksasa mereka akan membawa kecanggihan baru untuk AI.

"Ini baik untuk AI yang belajar dengan cara memeriksa miliaran halaman teks yang tersedia untuk umum. Superkomputer ini dapat menyerap nuansa bahasa, tata bahasa, pengetahuan, konsep, dan konteks secara mendalam sehingga dapat unggul dalam berbagai tugas," kata Microsoft.

Tugas-tugas tersebut antara lain meringkas pidato yang panjang, memoderasi konten dalam live gaming chat, menemukan bagian-bagian yang relevan di ribuan file hukum atau bahkan menghasilkan kode dari menjelajahi GitHub.

Kecepatan superkomputer saat ini dua kali lebih cepat setiap tahunnya oleh para peneliti di proyek Top500. Proyek ini menilai mesin berdasarkan seberapa cepat mereka melakukan tes perhitungan matematika yang disebut Linpack.

Microsoft menyebutkan, mesin Azure miliknya akan mendapat skor di top 5 sistem seperti itu. Namun Microsoft tidak merilis skor kinerja atau detail desain sistem superkomputernya.

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...