Pakistan Larang Warganya Main PUBG Mobile

July 4, 2020, 5:37 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Pakistan resmi melarang warganya memainkan PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile. Pelarangan sementara ini dilakukan berdasarkan alasan kesehatan.

Dikutip dari Times Now News, Pakistan Telecommunication Authority (PTA) menerima banyak laporan dan keluhan terkait dengan game tersebut. Para pelapor mendesak PTA menangguhkan sementara game tersebut di Pakistan.

"Mencermati berbagai keluhan yang diterima dari berbagai segmen masyarakat, PTA memutuskan untuk menangguhkan sementara game Battlegrounds (PUBG) PlayerUnknown," kata PTA.

Para pelapor menyebutkan PUBG bersifat adiktif dan berefek merugikan kesehatan fisik dan psikologis pemain, terutama pada pemain yang masih anak-anak.

Melihat langkah yang dilakukan Pakistan, negara tetangganya, India, juga mendesak pemerintahnya melakukan pelarangan yang lebih luas. Sebenarnya, salah satu negara bagian India, Gujarat, sudah melarang PUBG Mobile pada Maret 2019.

Pemerintah setempat menyebutkan game tersebut terlalu membuat ketagihan dan mengandung kekerasan. Beberapa orang yang ketahuan memainkan game ini pun ditangkap.

Langkah ini sebenarnya tidak mengejutkan, karena ini bukan pertama kalinya sebuah negara melarang game yang diterbitkan Tencent Games tersebut karena alasan kesehatan.

PUBG juga sudah lama menjadi kontroversi dan keriuhan ini sepertinya belum akan berhenti dalam waktu dekat. Di sisi lain, situasi yang memanas di antara India dan China--PUBG Mobile diterbitkan oleh Tencent Games asal China--bisa memperburuk pertahanan PUBG untuk bertahan di Pakistan dan India.

Meski PUBG baru-baru ini merilis fitur 'Gameplay Management System' untuk mempromosikan perilaku bermain game yang sehat, masih terjadi kasus anak-anak bunuh diri dan mengalami gangguan kesehatan mental dan fisik yang diduga kuat terkait dengan game ini.

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...