Pengapalan PC Global Naik 25% di Q4 2020, Ninja Xpress Kirim 150 Juta Paket, dan Lainnya

Jan. 12, 2021, 4:05 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Pengapalan desktop dan notebook ke seluruh dunia sepanjang kuartal keempat 2020 meningkat 25 persen dari periode sama tahun sebelumnya. Jika dijabarkan, ada 90,3 juta unit PC yang dikirim dengan Lenovo sebagai penguasa pasar disusul HP dan Dell.

Startup logistik Ninja Xpress juga mencatat kinerja yang positif di 2020. Mereka telah melakukan pengiriman lebih dari 150 juta paket ke seluruh Indonesia. Harbolnas menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan pengiriman paket tersebut.

Ada pula kabar dari UMG Idealab yang berinvestasi ke startup Yeastmaster di Thailand, SeOn luncurkan platform sekolah gratis, Twitter mencatat twit tentang gaming capai lebih dari 2 miliar sepanjang 2020, serta startup edtech Titik Pintar dapatkan pendanaan pre-seed dari IWEF.


Canalys: jumlah pengapalan PC global selama Q4 2020 naik 25 persen year-on-year

Canalys Global PC Market Q4 2020 | Chart

Data dari konsultan riset industri teknologi Canalys menunjukkan jumlah PCtermasuk desktop dan notebookyang dikapalkan selama kuartal keempat 2020 menyentuh angka 90,3 juta unit, naik sekitar 25 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya. Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah masing-masing disebut jadi salah satu alasan peningkatan ini.

Skala transformasi digital yang berlangsung selama 2020 adalah yang terluas dari yang pernah ada. PC jadi pusat dari perubahan ini, ujar Rushabh Doshi selaku Research Director Canalys. Meski keterbatasan suplai masih bakal terus berlanjut dalam jangka pendek, Canalys yakin sebagian besar tantangan logistik yang ada bakal terpecahkan pada semester kedua 2021.

Lenovo mengukuhkan dominasinya di industri PC global dengan menguasai lebih dari 25 persen pangsa pasar dunia, naik sekitar 29 persen dari tahun sebelumnya. HP dan Dell masing-masing menduduki posisi kedua dan ketiga dengan pangsa pasar mencapai 21 persen dan 17 persen. Apple mengalami pertumbuhan tertingginaik 45 persen dibanding Q4 2019 lalusetelah merilis deretan laptop terbaru yang dilengkapi dengan cip buatannya sendiri.


Ninja Xpress kirim 150 juta paket sepanjang 2020

Startup logistik last mile delivery Ninja Xpress mencatat telah melakukan pengiriman lebih dari 150 juta paket di sepanjang 2020. Kinerja bisnis perusahaan juga diklaim tumbuh di tengah pandemi, salah satunya karena didorong Harbolnas.

Musim festival belanja online nasional atau yang dikenal dengan Harbolnas yang berlangsung sejak 10.10 hingga 12.12 diklaim telah membuat pengiriman paket Ninja Xpress mengalami kenaikan hingga 40 persen dibandingkan hari biasa. Ada pun selama Juli hingga Oktober 2020, Ninja Xpress telah mencatat pengiriman sebanyak lebih dari 400.000 paket setiap harinya.

Ninja Xpress memperoleh pencapaian yang sangat baik di 2020 ini, serta mencatat lonjakan pengiriman pada periode Harbolnas 10.10 sampai 12.12 hingga mencapai total 35 juta paket, ungkap Ignatius Eric Saputra selaku Country Head Ninja Xpress.


UMG Idealab berinvestasi ke startup Thailand, Yeastmaster

Unit permodalan ventura dari grup UMG Myanmar milik entrepreneur Indonesia, Kiwi Aliwarga ini menyuntikkan modal dengan besaran dana yang tidak disebutkan ke dalam putaran pendanaan tahap awal Yeastmaster. Yeastmaster adalah startup penyedia produk budidaya pertanian dan tambak yang dikenal di Thailand lewat pakan bibit udang, Betasacplus.

Langkah ini merupakan bagian dari investasi strategis bagi UMG Myanmar terkait modal bisnis utama mereka di bidang industri Agro. Sebelumnya mereka juga berinvestasi ke beberapa startup di vertikal agrotech seperti MSMB, Crowde, Biotech, Inagi, dan Momchips.


SeOn luncurkan platform sekolah gratis

Startup edutech yang berbasis di Bandung, SeOn Indonesia, meluncurkan versi terbaru dari platform sekolah yang diharapkan bisa membantu para siswa, guru, dan orang tua menghadapi kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Melalui platform ini, SeOn berusaha menghadirkan suasana belajar yang lebih menarik dengan membuat tampilan yang menyerupai media sosial.

Dalam versi terbarunya ini, SeOn mengusung konsep one stop solution yang menghadirkan beragam fitur seperti Sistem Manajemen Sekolah, Sistem Informasi Sekolah, dan Sistem Manajemen Pembelajaran. Platform ini dapat diakses secara gratis oleh pihak sekolah dengan mendaftarkan diri ke laman resminya.


Twit tentang gaming capai lebih dari 2 miliar di 2020

twitter top brand

Angka ini terjadi di seluruh dunia dan meningkat 75 persen dibandingkan tahun 2019. Twitter mencatat ini baru terjadi untuk pertama kalinya. Total unique authoryang mengetwit tentanggaming juga meningkat sebesar 49 persen. Sementara di Indonesia, volume percakapan tentang gaming tumbuh 67 persen.

Menurut Twitter, gamerdi seluruh dunia menggunakan Twitter untuk berbagi momen-momen penting di duniagamingdan saling terhubung dengan sesamanya saat interaksiofflinemasih terbatas akibat pandemi COVID-19.


Startup edtech Titik Pintar dapatkan pendanaan pre-seed dari IWEF

Investasi ini akan digunakan oleh Titik Pintar untuk memperbanyak koleksi pelajaran interaktif dan video pendidikan di situs mereka, sekaligus memberikan insentif yang layak bagi mitra guru yang sudah memproduksi konten edukatif.

Pendanaan ini juga merupakan salah satu investasi pertama dari Indonesia Women Empowerment Fund (IWEF), yang ditujukan untuk menciptakan dampak sosial dan dikelola bersama oleh Moonshot Ventures serta YCAB Ventures. IWEF juga dalam hal ini didukung pula oleh Pemerintah Australia sebagai sponsor utama dan investor.

(Diedit olehAncha Hardiansya)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...