Perusahaan SPAC Peoma Global Himpun Rp4,2 Triliun Lewat IPO di AS

Jan. 8, 2021, 2:13 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Peoma Global, perusahaan akuisisi bertujuan khusus atau Special Purpose Acquisition Company (SPAC) yang berfokus pada perusahaan teknologi di Asia, berhasil menghimpun dana hingga US$300 juta (sekitar Rp4,2 triliun) melalui IPO di Nasdaq, Amerika Serikat.

Peoma Global terdaftar dengan kode PPGHU di bursa efek Nasdaq sejak 6 Januari 2021. Perusahaan menerbitkan 30 juta unit saham seharga US$10 per lembar (Rp140 ribu), yang setiap unitnya terdiri dari satu lembar saham biasa dan satu setengah waran, yang dapat ditebus seharga US$11,5 (sekitar Rp161.00).

Peoma Global saat ini dipimpin oleh Emmanuel DeSousa dan Joaquin Rodriguez Torres. Mereka adalah pendiri sekaligus Managing Partners Princeville Capital, perusahaan modal ventura berbasis Amerika Serikat yang berdiri sejak 2017.

read also

BACA JUGA

Co-founder Asia Partners: rule of 25 kunci untuk startup yang ingin IPO

Mereka mendirikan Peoma sebagai perusahaan SPAC yang memiliki fokus pada perusahaan teknologi dengan pertumbuhan yang tinggi di Asia dan Eropa. PerusahaanSPACatauyang kerap disebut sebagai blank-checked company, meraih keuntungan dengan membantu perusahaan lain untuk IPO melalui akuisisi atau merger.

SPAC dapat membantu perusahaan lain untuk IPO lebih cepat tanpa harus menempuh prosedur panjang seperti layaknya IPO tradisional.

Meski konsep IPO dengan SPAC ini telah berlaku cukup lama di Amerika Serikat, namun mekanisme ini relatif baru bagi pelaku pasar di Asia. Saat ini sejumlah unikorn seperti Tokopedia dan Traveloka disebut tengah mempertimbangkan opsi IPO dengan menggunakan jasa SPAC.

(Diedit olehAncha Hardiansya)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...