Realme 5 Pro, Makin Kencang dan Tetap Murah

Oct. 14, 2019, 8:10 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter
Realme resmi memboyong ponsel seri 5 terbarunya ke Indonesia beberapa waktu lalu. Harga yang ditawarkan terbilang murah, bahkan untuk varian tertingginya.

Dengan harga tak sampai Rp 4 juta, Realme 5 Pro menawarkan empat kamera belakang yang menjadi aspek andalan di ponsel ini. Lalu dari segi performa ditunjang oleh kehadiran prosesor Snapdragon 712 AIE.

Tiga hal yang dijanjikan meningkat dibanding pendahulunya di Realme 5 Pro adalah performa, kamera, dan desain. Benarkah klaim tersebut? Simak hasil pengujian kami berikut ini.

Desain dan tampilan antarmuka
Gaya desain yang dianut di Realme 5 Pro mirip dengan pendahulunya, malah bisa dibilang terlihat identik jika dari depan. Layar 6,3 inch yang punya resolusi Full HD+ diisi dengan notch dewdrop pada bagian atas untuk menyimpan kamera depan dan sejumlah sensor.

Realme 5 Pro, Makin Kencang dan Tetap MurahFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Namun jika melihat bagian belakang ponsel, ada perubahan yang cukup mencolok dibanding pendahulunya, yaitu motif mirip kristal dalam dua varian yang yang tersedia, yaitu Crystal Green dan Sparkling Blue. Meski sebenarnya daya tarik bagian belakang Realme 5 Pro jelas bukan pada hal itu, melainkan empat kamera belakang yang ada di bagian kiri atas.

Realme 5 Pro, Makin Kencang dan Tetap MurahFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tombol volume Realme 5 Pro ada pada bagian kiri ponsel, sementara tombol power ada di bagian kanan dengan posisi yang pas dengan ibu jari penggunanya. Di bagian bawah ada port audio, USB-C, dan speaker ponsel. Sementara slot kartu SIM ada di atas tombol volume.

Realme 5 Pro, Makin Kencang dan Tetap MurahFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Realme 5 Pro menggunakan ColorOS 6.0 yang berjalan di atas Android 9 Pie. Ada sejumlah bloatware yang tersimpan di dalamnya, yang untungnya bisa di-uninstal dengan mudah tanpa perlu me-root ponsel.

Ada juga sejumlah fitur pendukung seperti navigasi dengan gesture, Game Space untuk menggenjot performa ponsel saat nge-game, Riding Mode untuk mematikan notifikasi selama berkendara, dan Game Space Sidebar untuk menampilkan sejumlah fungsi saat bermain game.

Performa
Pengujian performa ponsel ini dilakukan menggunakan sejumlah aplikasi benchmark dan game. Seperti Antutu, PCMark, GeekBench, dan 3DMark. Sementara game yang kami pakai untuk menguji adalah Ragnarok M: Eternal Love, PUBG Mobile dan Real Racing 3.

Skor pengujian sintetis menunjukkan Realme 5 Pro, dengan prosesor Snapdragon 712 AIE, GPU Adreno 616, dan RAM/storage 8GB/128GB mempunyai skor yang lebih tinggi dibanding ponsel lain dengan harga setara. Skor yang tinggi ini sejalan dengan pengalaman kami saat memainkan game di ponsel tersebut.

  • Antutu Total: 179810
  • Antutu CPU: 69049
  • Antutu GPU: 55513
  • PCMark: 8112
  • GeekBench 5 Single Core: 322
  • GeekBench 5 Multi Core:1490
  • 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL: 2084
  • 3DMark Sling Shot Extreme Vulkan: 1980

Untuk PUBG Mobile misalnya, Realme 5 Pro secara default berjalan pada pengaturan High dan bisa dimainkan dengan lancar tanpa adanya frame rate yang drop. Hal serupa juga terjadi di Real Racing 3, dan juga di Ragnarok M: Eternal Love, di mana ponsel ini bisa dimainkan pada resolusi maksimal dan dalam mode high frame rate.

Realme 5 Pro, Makin Kencang dan Tetap MurahFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kinerja yang tinggi ini untungnya tak diikuti dengan panas berlebih pada bagian belakang ponsel. Setelah dipakai menghabiskan 300 menit stamina untuk auto hunt di Ragnarok M, bodi ponsel hanya terasa sedikit hangat, bahkan sebenarnya hampir tidak terasa ada peningkatan suhu.

Realme 5 Pro, Makin Kencang dan Tetap MurahFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Baterainya yang berkapasitas 4.035 mAh dalam pengujian kami bisa bertahan selama seharian untuk penggunaan normal, media sosial, chat, dan sesekali game. Kalau pun baterainya habis lebih cepat karena penggunaan lebih berat atau kondisi sinyal yang buruk, pengisian ulang menggunakan VOOC Flash Charge 3.0 hanya membutuhkan waktu 1,5 jam dari kosong hingga penuh.

Kamera
Kamera utama Realme 5 Pro adalah Sony IMX586 48 megapixel yang memakai lensa dengan bukaan f/1.8, lalu ada juga kamera 8 megapixel f/2.2 dengan lensa wide, kamera makro 2 megaixel f/2.4m dan kamera depth 2 megapixel f/2.4.

Sensor kamera utamanya ini mengalami peningkatan dibanding pendahulunya Realme 3 Pro. Sensor ini serupa dengan yang dipakai di Realme X, dan kombinasi antara sensor Sony IMX586 dengan lensa f/1.8 ini bisa menghasilkan foto dengan detail yang baik di berbagai kondisi, gelap ataupun terang.

Kualitas foto pada kondisi gelap bisa terjaga karena sensornya punya teknologi Quad Bayer, yang menggabungkan empat pixel menjadi satu saat kondisi gelap. Alhasil ukuran pixelnya menjadi lebih besar dan bisa menangkap cahaya lebih banyak.

Kehadiran kamera dengan lensa wide pun berguna ketika ingin memotret dengan cakupan gambar yang lebih luas, atau sekadar ingin menambahkan efek gambar yang lebih dramatis ketimbang kamera biasa.

Hasil jepretan Realme 5 Pro ini bisa dilihat pada bagian akhir tulisan.

Kesimpulan
Secara garis besar, Realme 5 Pro adalah ponsel dengan empat kamera belakang, dengan kamera utamanya yang memakai sensor Sony IMX586 48 megapixel. Prosesor yang dipakainya terbilang mumpuni dengan konsumsi daya yang lumayan irit, kapasitas RAM dan storage yang besar, dua slot kartu SIM dan tambahan MicroSD, serta pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Mencari kekurangan dari Realme 5 Pro bukan hal mudah, utamanya karena harganya yang tak sampai Rp 4 juta. Namun memang Realme menyunat fitur yang mungkin tak banyak digunakan di kalangan penggunanya, seperti NFC.

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...