Sampingan Raih Dana Seri A Rp70 Miliar dari Altara Ventures dan Lainnya

Jan. 13, 2021, 12:21 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Sampingan, startup yang mempertemukan para pekerja lepas dan pemberi kerja, mengantongi pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Altara Ventures, bersama Golden Gate Ventures, Antler, Access Ventures, XA Network dan iSeed SEA.

Dana segar senilai US$5 juta (sekitar Rp70 miliar) yang diterima Sampingan ini rencananya akan digunakan untuk mengembangkan produk bagi pekerja dan perusahaan, serta memperluas jangkauan layanan.

Sampingan sebelumnya mendapatkan pendanaan pre seed senilai US$100.000 (Rp1,4 miliar) setelah mengikuti program inkubasi dari Antler. Kemudian putaran pendanaan tahap awal (seed funding), Sampingan mengantongi pendanaan senilai US$500.000 (sekitar Rp7 miliar) dari Golden Gate Ventures.

Sejak meluncurkan aplikasi pada tahun 2019, Sampingan menyatakan sudah bermitra dengan lebih dari 850 ribu pekerja kontrak dan permanen. Startup yang didirikan oleh mantan Senior Manager of Operations Gojek, Wisnu Nugrahadi ini mengklaim bisnisnya meningkat hingga tiga kali lipat pada tahun 2020.

read also

BACA JUGA

10 alumni Gojek yang kini mendirikan startup di Indonesia

Akibat pandemi, jumlah pengangguran meningkat pesat hingga 9,7 juta orang. Banyaknya pekerja yang dirumahkan dan di PHK berdampak pada peningkatan jumlah pekerja di beberapa platform yang mempertemukan perusahaan dengan pekerja lepas.

Pihak Sampingan mengklaim terjadi peningkatan jumlah mitra pada Maret hingga Desember 2020 dan unduhan aplikasi yang meningkat 4 kali lipat sejak awal pandemi.

Sribulancer, startup serupa dengan Sampingan, juga mengatakan adanya peningkatan jumlah pekerja lepas yang mendaftar di aplikasinya hingga lebih dari dua kali lipat dibanding sebelum masa pandemi.

Sampingan mendapat pemasukan dari setiap pekerjaan yang terselesaikan. Komisi berkisar antara 10 persen hingga 30 persen, tergantung dari kompleksitas pekerjaan. Mereka juga memiliki beberapa klien dari perusahaan besar seperti Unilever, Gojek, Danone, Grab, Moka, dan Tokopedia.

(Diedit olehAncha Hardiansya)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...