SiCepat Hendak Akuisisi Platform Pemesanan Makanan DigiResto

Jan. 12, 2021, 5:21 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Startup logistik SiCepat telah menandatangani perjanjian pembelian saham, atau conditional share subscription agreement (CSSA) dengan perusahaan pemesanan makanan dan minuman DigiResto. SiCepat berkomitmen membeli 51 persen saham PT Digital Maxima Kharisma, anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk sekaligus pengembang DigiResto.

Platform yang baru dirilis Desember 2020 ini sejak awal sudah bekerja sama dengan SiCepat untuk melayani pengiriman makanan. Menurut CEO SiCepat, The Kim Hai, hasil uji tuntas (due diligence) dari DigiResto meyakinkan perusahaan untuk berinvestasi. Rencananya, SiCepat akan terlibat langsung dalam pengembangan platform.

Melalui investasi ini, SiCepat berupaya meningkatkan penggunaan platform, menyempurnakan kemampuan layanan DigiResto, dan mendorong pertumbuhan pendapatan dengan memanfaatkan perkembangan pasar pengiriman makanan yang diperkirakan mencapai hampir US$2 miliar (Rp28 triliun) di tahun 2020, ungkap Kim dikutip dari Dealstreetasia.

SiCepat didirikan tahun 2014 oleh Rudy Darwin Swigo yang merupakan pemilik perusahaan logistik Sentral Cargo. Sejak awal berdiri, SiCepat langsung menargetkan para penjual toko online yang sedang berkembang pesat.

read also

BACA JUGA

CEO Waresix bicara tentang tantangan di industri pergudangan dan strategi pendanaan

Berbagai inovasi diluncurkan untuk bersaing dengan perusahaan logistik lain, di antaranya menyediakan jasa pick up barang dan layanan cash on delivery (COD). Tiga tahun sejak berdiri, SiCepat sudah mencatatkan pertumbuhan sebesar 300 persen. SiCepat juga bekerja sama dengan berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Penandatanganan akuisisi ini menyusul pendanaan Seri B senilai US$50 juta (sekitar Rp710 miliar) yang diterima SiCepat akhir Desember 2020 lalu. Secara keseluruhan, SiCepat telah mendapatkan pendanaan sebesar US$89 juta (sekitar Rp1,2 triliun) dari pemegang saham mayoritasnya, Sky Trek Holdings dengan kepemilikan sebesar 32,1 persen.

(Diedit olehAncha Hardiansya)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...