TaniHub dan BRI Agro Kerja Sama Salurkan Pembiayaan Modal ke Petani

Jan. 8, 2021, 10:56 a.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Ebeneser Girsang selaku Direktur Utama BRI Agro dan Ivan Arie Sustiawan sebagai CEO TaniHub Group meneken nota kesepahaman dalam rangka kerja sama peluncuran Program Indonesia Tani. Penandatanganan yang dilaksanakan pada Rabu 6 Januari 2021 ini dihadiri oleh petinggi kedua perusahaan.

Kerja sama ini diharapkan bakal mempermudah petani mengakses pembiayaan modal. Ini merupakan wujud nyata kerjas ama antara BRI Agro sebagai institusi perbankan dan Tanihub Group sebagai startup dan fintech, untuk terus mendukung pelaku UMKM khususnya agribisnis di Indonesia, ucap Ebeneser.

Secara umum, tujuan dari Program Indonesia Tani adalah:

  • Menyediakan akses pembiayaan modal bagi petani,
  • Mempermudah petani menjual hasil panennya, serta
  • Memperbaiki rantai pasokan dalam industri pertanian.

TaniHub Group memiliki tiga unit bisnis yaitu TaniHub, TaniFund, dan TaniSupply. Presiden TaniHub, Pamitra Wineka, mengatakan perusahaannya berhasil meningkatkan pendapatan petani hingga lima puluh persen lebih besar. Keuntungan TaniHub berasal dari biaya komisi dari setiap penjualan yang sukses.

read also

BACA JUGA

Risiko dan tantangan startup pertanian di Indonesia

Unit pembiayaan modal petaninya, TaniFund, menggunakan model profit-sharing dengan petani. Umumnya menggunakan skema 40 persen untuk investor, 40 persen untuk petani, dan 20 persen untuk TaniFund.

Unit bisnis terbaru, TaniSupply berfokus pada rantai pasokan. TaniHub membeli produk pertanian dari para petani yang kemudian dipilah-pilah berdasarkan kualitasnya. Produk-produk ini akan dijual kembali kepada pelanggan TaniHub yang berasal dari industri horeka dan supermarket.

Pada bulan April lalu, TaniHub berhasil mendapatkan pendanaan Seri A+ senilai US$17 juta (sekitar Rp285 miliar) yang dipimpin oleh Openspace Ventures dan Intudo Ventures. Keberhasilan ini menambah total dana yang telah dikumpulkan TaniHub sebesar US$29 juta (Rp462 miliar) sejak 2016.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...