TikTok Ketahuan Ngintip Clipboard Pengguna iOS

June 27, 2020, 6:02 p.m. | Share on Facebook Share on Twitter

Perlindungan privasi semakin diperketat Apple dengan dirilisnya iOS 14. Dari OS terbaru Apple ini, diketahui pula kalau TikTok ternyata membaca clipboard pengguna iOS.

Seperti dikutip dari Telegraph, salah satu fitur di iOS 14 adalah banner peringatan privasi yang memberitahukan pengguna apakah sebuah aplikasi mengakses clipboard atau tidak.

Nah, berdasarkan sejumlah laporan yang dibagikan di internet tak lama setelah iOS 14 dirilis, TikTok ternyata mengakses clipboard lebih sering dari seharusnya.

Untuk diketahui, clipboard di smartphone kita berisi informasi penting. Kita sering menyalin informasi rahasia seperti password, nomor kartu kredit, alamat rumah, dan hal personal lainnya. Jadi, penggunaan clipboard bisa sangat berisiko.

Banner peringatan privasi di iOS 14 terus muncul ketika pengguna menjalankan aplikasi TikTok. Hal ini tak hanya mengganggu, tetapi juga membuat pengguna khawatir TikTok menyalin data personal tanpa izin.

Merespons laporan yang viral ini, TikTok pun berkilah bahwa aplikasinya tidak mengumpulkan data dari clipboard. Sebaliknya, menurut TikTok, aplikasi mereka memiliki sistem khusus untuk mengidentifikasi perilaku spam berulang.

TikTok menduga, hal ini yang memicu munculnya banner peringatan privasi di iOS 14. Dan untuk alasan itu, TikTok mengatakan tidak akan lagi mengakses clipboard pengguna secara otomatis. Fungsi ini dijanjikan segera hadir pada update aplikasi mereka.

"Kami sudah mengirimkan versi update aplikasi kami ke App Store untuk menghapus fitur anti-spam agar tidak membingungkan pengguna. TikTok berkomitmen melindungi privasi pengguna dan bersikap transparan tentang cara kerja aplikasi kami," kata juru bicara TikTok.

Selain TikTok, aplikasi lain yang diketahui sering mengakses clipboard di iOS adalah AccuWeather, Overstock, AliExpress, Call of Duty Mobile, Patreon, dan Google News.

Tidak diketahui alasan pasti setiap aplikasi mengakses clipboard. Namun keputusan TikTok yang segera mengupdate aplikasinya membuktikan Apple berhak menerapkan lebih banyak tool perlindungan privasi.

Apakah kalian juga menemukan aplikasi lain yang berusaha mengakses clipboard di iOS 14? Kalian bisa berbagi informasi di kolom komentar di bawah artikel ini ya.

Comments


Subscribe

Did you want to subscribe daily post?


 
KONTAK

Jl. Kyai Haji Abdullah Syafii No. 12
RT 012/009 Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan
Telepon : 021-2983630
Twitter : @muhamadreggi
Berita Terkait
Kepada Yth Rekan-rekan di tempat Sekali lagi kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya...